Grand Thieft Auto 4

Image
Spesifikasi Minimum Windows XP SP3 / Vista SP1 Processor: Intel Core 2 Duo 1.8 Ghz atau AMD Athlon X2 64 2.4 Ghz Memory: 1.5 GB Hard drive: 16 GB Video card: 256 MB Video RAM (Nvidia GeForce 7900 atau ATI Radeon X1900) DirectX 9.0c

Grand Theft Auto 4
Pucuk Dicinta Ulam Tiba


Game yang dinobatkan oleh beberapa kalangan sebagai game terbaik console tahun 2008 akhirnya tiba juga untuk para gamer PC.

 
Gaung Grand Theft Auto 4 (GTA4) telah terdengar dengan keras dan menggema semenjak tahun lalu. Game yang oleh banyak kalangan dinobatkan sebagai game menjelajah dunia terbuka terbaik ini telah menuai banyak pujian dan kecaman keras di dunia. Bagaimana tidak, game ini selalu dikaitkan dengan kekerasan yang terjadi di kalangan anak muda (terutama gamer) oleh para politisi di dunia barat. Walau demikian, Anda harus mengakui bahwa game ini memiliki cukup banyak feature menarik dan cerita yang tidak kalah serunya. Setelah sekian lama menunggu, gamer PC dapat merasakan sendiri semua hal yang membuat game ini sangat populer di media game console Next-gen.








Image
 Seru  Aksi seru yang melibatkan senjata dan kendaraan masih kental dalam game ini.




Anda akan berperan sebagai seorang imigran dari negara pecahan Rusia bernama Niko Bellic. Karakter yang Anda mainkan memiliki pengalaman militer yang cukup lama ketika berperang di negara asalnya dan datang ke Amerika atas undang­an sepupunya. Awal cerita tersebut akan membawa Anda menuju kelamnya kehidupan kriminal di sebuah negara yang mengutamakan uang di atas segalanya. Oleh karena itu, kami sarankan Anda melarang gamer berusia muda untuk memainkan game ini. Game ini dipenuhi oleh tema sugesti yang berisi kekerasan dan menghalalkan aksi kriminal untuk mencapai tujuan.



Image
 Besar  Kota yang Anda tempati memiliki ukuran yang sangat besar dan banyak rahasia.


Terlepas dari ceritanya yang bertema dunia kriminal, game ini memiliki cukup banyak feature yang menarik untuk dimainkan. Kota yang berukuran besar bernama Liberty City pada dasarnya merupakan replika dari kota New York. Anda dapat melihat banyak kesamaan antara kedua kota tersebut, antara lain patung Liberty dan menara Empire State. Tentu saja, bentuk gedung landmark yang ditiru dalam game ini memiliki sedikit perbe­daan. Contohnya, patung Liberty dalam game ini membawa makanan cepat saji sebagai pengganti obor yang dipegangnya.





Image
 cuaca  Cuaca dapat berubah setiap saat dan mempengaruhi aktivitas para penduduk yang mendiami Liberty City.

Image
 Sosialisasi  Kegiatan sosial bersama rekan Anda dapat dilakukan melalui pergi ke tempat makan dan fasilitas hiburan.

Kehidupan yang dinamis dalam kota yang Anda huni juga menjadi daya tarik tersendiri dalam kota yang berukuran sangat besar ini. Anda dapat melihat beragam kegiatan yang dilakukan oleh penghuninya dan berbagai macam toko yang dapat Anda kunjungi. Anda dapat mengubah tampilan karakter Anda dengan membeli pakaian yang beragam bentuknya. Selain itu, Anda juga dapat membeli rumah baru yang berfungsi sebagai rumah aman. Tempat tersebut memberi Anda perlindungan dari kejaran polisi dan waktu istirahat. Ketika Anda tidur di rumah tersebut, Anda akan otomatis menyimpan permainan dan memajukan waktu selama enam jam.



Image
Rahasia  Internet yang dapat diakses via cafe Internet memiliki rahasia yang menarik.

Game ini juga mengenalkan sebuah bentuk permainan baru dalam seri GTA, yaitu hubungan sosial antara rekan karakter Anda. Pada beberapa kesempatan, teman yang telah Anda temui akan mengajak Anda untuk meluangkan waktu bersamanya. Teman yang memiliki hubungan baik dengan Anda sering kali akan menawarkan sebuah fasilitas istimewa yang dapat Anda gunakan sesuka hati. Contohnya, Anda dapat memanggil taksi gratis dari sepupu Anda dan membeli senjata di mana saja melalui seorang teman Anda yang pedagang senjata gelap. Jadi, terlihat jelas bahwa kelebihan utama dari game ini adalah dunia luas yang menyimpan banyak sekali kegiatan, panorama alam, dan rahasia yang dapat Anda temukan. Anda masih dapat menemukan banyak hal baru yang menarik di saat Anda merasa sudah menjelajahi semua sudut kota.



Image
Rekam permainan  Feature baru memberi Anda akses untuk merekam permainan.

Versi PC ini menyimpan kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan versi console-nya. Anda kini dapat merekam kegiatan karakter Anda dan menyebarkannya melalui Internet (fasilitas khusus bernama Rockstar Social Club). Mode multiplayer melalui Internet juga disempurnakan dibanding versi console. Sayangnya, versi PC memiliki masalah kestabilan sistem dan membutuhkan spesifikasi tinggi (memori grafik lebih dari 1 GB untuk tingkat detail tinggi) serta driver graphics terbaru. Akhir kata, game ini masih dapat disebut jawara walaupun memiliki umur yang tua.

Image