Green Day




Green Day muncul dari kota Underground di California Utara . Teman masa kecil Billie Joe Armstrong (gitar, vokal) dan Mike Dirnt (bass) membentuk band pertama mereka, Sweet Children, di Rodeo, CA, ketika mereka berusia 14 tahun. Pada tahun 1989, mereka menambahkan drumer Al Sobrante dan mengubah namanya menjadi Green Day. Pada tahun yang sama, band ini merilis secara independen EP pertama, 1000 Jam, yang diterima dengan baik di California hardcore punk. Tak lama kemudian, kelompok telah menandatangani kontrak dengan label independen lokal Lookout. Full album pertama Greenday adalah, 1.039 / Smoothed Out Slappy Hour, dirilis akhir tahun itu. Tak lama setelah rilis, band Sobrante diganti dengan Tre Cool (lahir Frank Edwin Wright III), yang menjadi drummer tetap band. 





    
Sepanjang awal tahun 90-an, Green Day terus memupuk sebuah sekte berikut ini, yang hanya mendapatkan kekuatan dengan merilis album kedua mereka, Kerplunk 1992. Keberhasilan Underground Kerplunk menyebabkan gelombang bunga dari label rekaman besar, dan band akhirnya memutuskan untuk login dengan Reprise. Dookie, Green Day's debut major-label, dirilis pada musim semi tahun 1994. Terima kasih kepada MTV dukungan untuk satu awal, "Longview," Dookie menjadi hit besar. Album terus mendapatkan momentum sepanjang musim panas, dengan single kedua, "Basket Case," menghabiskan lima minggu di puncak tangga lagu rock modern Amerika. Pada akhir musim panas, band mencuri pertunjukan di Woodstock '94, yang membantu penjualan Dookie meningkat. Pada saat single keempat, "When I Come Around," memulai tujuh minggu tinggal di nomor satu pada tangga lagu rock modern di awal tahun 1995, Dookie telah menjual lebih dari lima juta kopi di AS sendiri, tetapi pada akhirnya akan atas sepuluh juta di Amerika, menjual lebih dari 15 juta kopi internasional. Dookie juga memenangkan Grammy 1994 untuk Best Alternative Music Performance.

Green Day Dookie segera diikuti dengan Insomniac pada musim gugur 1995; selama musim panas, mereka hit nomor satu lagi di tangga lagu rock modern dengan "JAR," kontribusi mereka terhadap soundtrack Angus. Insomnia kinerja yang baik pada awalnya, masuk tangga lagu Amerika Serikat di nomor dua dan menjual lebih dari dua juta kopi pada musim semi tahun 1996, namun tak satu pun dari para single - termasuk radio favorit "Brain Stew / Jaded" - adalah populer seperti dari Dookie . Pada musim semi tahun 1996, Green Day tiba-tiba membatalkan tur Eropa, karena kelelahan. Setelah pembatalan, band menghabiskan sisa tahunnya dengan beristirahat dan menulis materi baru sebelum mengeluarkan album Nimrod pada akhir 1997. Tiga tahun kemudian, mereka yang ditunggu-tunggu kelanjutannya, dan Poppy Record merilis lagu berjudul Warning. Setelah lama, didahului American Idiot, sebuah konsera rock agresif yang menjadi kejutan keberhasilan - sebuah bagian-puncak di seluruh dunia, pemenang Grammy multi-platinum, dan  direview sebagai album terbaik dalamkarir mereka. Green Day menikmati kesuksesan album, meraih berbagai penghargaan. 


Dengan popularitas dan kelangsungan hidup komersial dipulihkan, Green Day mengambil beberapa proyek-proyek kecil sebelum kembali ke studio. Mereka menyumbangkan lagu penutup John Lennon's "Working Class Hero" untuk album amal Instant Karma, muncul di The Simpsons Movie, dan mencatat seluruh album '60-an-gaya dibawah rock & roll  alias Foxboro Hot Tubs. Sementara presentasi penghargaan di Grammy pada awal 2009, Green Day akan mengumumkan merilis album kedelapan mereka, 21st Century Breakdown, yang telah direkam oleh produser Butch Vig veteran.