Penerapan TIK di berbagai Bidang



TIK atau kepanjangannya Teknogi Informasi dan Komunikasi kini seolah menjadi mesin waktu yang memungkinkan kegiatan berlangsung dengan cepat, tepat, dan akurat. Selain itu, keingintahuan sebagian besar orang akan dunia teknologi informasi disebut-sebut menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya perkembangan teknologi informasi itu sendiri. Sehingga dapat kita lihat sendiri dampaknya, berbagai jenis kegiatan, usaha, dan lain-lain selalu menerapkan teknologi informasi dalam prakteknya. Berikut adalah sebagian kecil dari penerapan teknologi informasi dalam berbagai bidang :



1. Dalam dunia Pendidikan :

Dalam bidang pendidikan di sekolah misalnya, seluruh unsur di dalamnya seperti kepala sekolah, guru, pegawai, dan para murid sangat berperan penting untuk menentukan efektif atau tidaknya penggunaan teknologi informasi dalam lingkup sekolah. Misalnya:
a. Penyambungan (koneksi) ke internet.
b. Penggunaan komputer dan proyektor pada setiap kelas
c. Penggunaan sistem komputerisasi baik dalam perpustakaan, bahan ajar, maupun data siswa, dll.

2. Bidang Perbankan :


Berbeda dengan Dunia Pendidikan dimana kita dapat memanfaatkan SDM yang ada untuk selanjutnya diberikan pelatihan dan pengetahuan akan teknologi informasi, dalam bidang perbankan, kita membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah matang di bidangnya, sehingga diharapkan dapat langsung tanggap akan pekerjaan yang digelutinya misalnya: penarikan tunai, penambahan saldo, penggunaan ATM, computer banking, dll.


3. Bidang Pelayanan Masyarakat :


Hampir sama dengan bidang pendidikan, kita dapat memberikan pelatihan maupun pengetahuan yang cukup akan teknologi informasi. Hasilnya pun kini dapat saya buktikan sendiri. Beberapa waktu lalu ketika saya hendak memeriksakan diri saya ke salah satu Rumah Sakit umum, seluruh kegiatan di rumah sakit tersebut menggunakan sistem komputerisasi dalam penerapannya, mulai dari menambah data pasien hingga menerima resep dari dokter.


Andai semua itu dapat tetap dijalankan atau bahkan mungkin ditingkatkan, bukan tidak mungkin negeri kita ini dapat menunjukkan kelasnya dalam taraf internasional, juga dapat maju dibidang Teknologinya.