7 Hal Penting tentang Artikel Blog


Wuuahh,,,akhirnya weekend yang panjang datang juga. Dengan memanfaatkan akhir pekan ini/hari libur, biasanya saya hanya nangkring didepan komputer ngurusi blog ini untuk membuat sebuah artikel yang mungkin bisa bermanfaat buat temen-temen semua, ga seperti ini, atau ini ataupun artikel-artikel saya sebelumnya tentang berita yang ga ada manfaatnya yang dianggap angin lalu saja,hehehe. Maka dari itu, saya yang masih newbie ini mencoba untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan para blogger semua, walaupun juga artikel ini saya ketik sendiri dari sebuah buku yang saya pinjem dari temen,hehehe.

Kembali ke topik awalnya yaitu tentang 7 Hal Penting Tentang Artikel Blog, bahwa tidak semua orang bisa menuliskan ide-ide merekan dengan baik, seperti saya ini. Begitu juga dalam menulis konten blog. Dibutuhkan banyak kerja keras untuk akhirnya bisa menulis dengan baik dan benar. Akan tetapi, 7 hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan ketika Anda menulis artikel untuk blog Sobat :

1. Interaktif
Alangkah baiknya jika blog Anda dapat memancing orang lain untuk berkomentar. Denga demikian, selain memancing kunjungan yang berulang, siapa tahu, komentar-komentar yang ditulis malah ikut menjadi penarik perhatian pembaca lain untuk ikut berpartisipasi.

2. Hak Cipta
Jika ingin meng-copas tulisan orang lain, ingatlah bahwa mereka sudah mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk menulis. Karena itu, hargailkah hasil usaha mereka dengan menuliskan sumber mereka.

3. Kualitas dan Kuantitas
Tulisan yang berkualitas emang penting. Namun, jumlah tulisan yang banyak juga berpengaruh positif terhadap blog kita. Blog amat berbeda dengan dunia kepenulisan pada umumnya. Memang, dimana-mana kualitas pasti akan berbicara banyak. Namun, didalam dunia blog, ada hubungan yang sangat rumit dengan Search Engine seperti Google serta unsur-unsur lain yang tidak ditemukan dalam dunia nyata. Didalam dunia blog, kuantitas tulisan Anda bisa sama atau bahkan lebih berpengaruh daripada sekedar kualitas tulisan. Akan tetapi, tentunya dengan menafikkan kenyataan bahwa pembaca tetap menginginkan yang bermanfaat.

4. Up to date
Pastikan tulisan yang Anda buat tidak ketinggalan jaman, terutama blog yang ingin menampilkan berita sebbagai tema utama blognya. Kalau sudah tidak sesuai dengan waktu, sebaiknya jangan diposting lagi dan mencari berita baru yang lebih sesuai, kecuali tulisan yang masuk kategori evergreen atau bisa kapan saja diposting dan tidak berkaitan dengan waktu seperti tips dan trik, free download,dll. Kecuali berita terkini ataupun info terbaru.

5. Buat Batasan Sendiri
Hal ini berkaitan dengan hal-hal yang akan timbul pada kemudian hari, seperti pertannyaan-pertannyaan dari pembaca. Cobalah untuk menuliskan apa yang benar-benar Anda ketahui atau siapkan jalan keluar jika ada pembaca yang ingin bertanya dan sejenisnya atau jelaskan apa yang Anda lakukan dengan blog Anda ataupun menjawab satu-persatu komentar pembaca yang masuk keblog Anda.

6. Perbanyak sumber Anda
Hal ini lebih memvariasikan tulisan atau cukup pastikan bahwa sumber yang Anda punya bonafide.

7. Gunakan cerita atau bubuhkan sedikit Emosi
Tulisan-tulisan yang ngetop biasanya dituturkan dengan cara bercerita atau bernilai cerita. Mungkin, akan lebih baik jika Anda membubuhkan sedikit cerita atau imajinasi Anda didalam tulisan-tulisan blog Anda. Disamping itu, Anda juga bisa memasukkan perasaan yang Anda rasakan ke dalam tulisan Anda.

Itulah 7 Hal penting tentang Artikel Blog yang mungkin buat para sobat-sobat semua dapat diambil pelajarannya, semoga bermanfaat dan sukses terus deh.