Menulis Konten yang Bagus

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya yaitu 7 hal Penting tentang Artikel Blog yang masih membahas tentang Optimalisasi Blog bagi seorang Newbie seperti saya yang harus terus menerus mengkorek-korek ilmu dan meng-share kepada sobat-sobat semua.

Kembali ke topiknya, bahwa menurut fakta pembaca blog jarang menghabiskan waktunya hanya untuk membaca tulisan kita secara utuh dan hanya memperhatikan sekilas dan jika tidak menarik akan langsung kaburr deh. Tapi ada beberapa tips nih yang mungkin bisa menginspirasi dan membantu Anda dalam membuat sebuat postingan yang menarik buat para pengunjung :

1. Buatlah daftar Tulisan
Maksudnya, tulisan postingan kita diberi label atau kategori. Setiap label akan mewakili tulisan-tulisan yang sama jenisnya sehingga jika pembaca tertarik meraka kan mengklik label tersebut dan keluarlah tulisan-tulisan yang sejenis. Nah, buatlah daftar ini dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan memang bisa mewakili tulisan-tulisanmu.

2. Jenis Tulisan
Di dalam dunia Maya, tulisan yang menggunakan bold, italic, ataupun underline akan sangat membantu search engine dalam mengindex blog Anda. Hal ini turut meningkatkan popularitas blog tersebut dimata search engine. Disamping itu, penggunaan efek khusus pada tulisan yang bercetak tebal, miring atau bergaris bawah bisa memberikan penekanan pada pembaca tentang apa yang sebenarnya yang ingin Anda sampaikan.

3. Gambar
Menggunakan gambar pada postingan memang sangat menarik buat para pembaca. Tapi itu juga perlu diperhatikan bahwa menampilkan gambar yang terlalu banyak dapat memperlambat proses loading. Efeknya, webbrowser akan lebih lambat muncul ketika diklik.

4. Jeda
Sediakanlah sedikit jeda pada setiap tulisan, misalnya setiap paragraf. Tujuannya agar para pembaca tidak merasa terlalu dijejali ketika membaca tulisan yang bertumpuk-tumpuk. Dengan adanya jeda, mereka akan memiliki kesempatan untuk menarik nafas terlebih dahulu untuk kemudian melanjutkan membaca tulisan kita sampai selesai.

5. Paragraf Pendek
Janganlah terlalu memaksakan tulisan muncul dalam satu paket utuh. Bagilah kedalam paragraf-paragraf kecil sehingga mungkin kan lebih nyaman bagi pembaca Anda.

6. To the Point
Langsung aja membahas ketopik permasalahan yang sedang Anda bahas, jangan biarkan Pembaca anda membaca tulisan yang bertele-tele karena hal itu akan membuat pengunjung akan merasa bosan. Pastikan mereka sudah mendapatkan ide tentang tulisan Anda diawal kalimat.

Itulah 6 hal yang harus diperhatikan ketika Anda menulis sebuah konten yang bagus dan dapat menarik pengunjung untuk betah tinggal diblog Anda. Semoga bermanfaat !!!