Kang Onno disangka Spammer


Siapa sih yang tak kenal Onno W. Purbo, seorang pakar TI terkemuka di Indonesia. Tokoh Telematika Indonesia ini kerap juga dijuluki sebagai "profesor internet" karena komitmen dan kontribusinya yang besar terhadap dunia TI Indonesia. Tetapi dibalik semua itu Kang Onno ternyata mempunyai sejarah kelam dengan situs jejaring terbesar didunia yaitu Facebook. Kang Onno pernah didepak oleh Facebook karena telah dianggap sebagai biang penebar pesan sampah atau juga bisa diseput spammer.

Pengakuan itu diungkapkan oleh Onno di sela-sela 'Diskusi Antisipasi Penyalahgunaan Situs Jejaring Sosial' yang digelar oleh XL Axiata (XL) di Jakarta, Selasa 23 Februari 2010. "Akun saya di Facebook pernah diblokir gara-gara saya dikira spammer," katanya. Namun, Kang Ono juga mengatakan, bahwa langkah Facebook memblokir akunnya memang cukup beralasan.

Onno menjelaskan bahwa pada saat itu jumlah temannya di Facebook sudah hampir mencapai 5000 orang, itupun masih ada sekitar 1000 orang yang belum diconfirm. Maka dari itu, Onno sekarang berinisiatif untuk membuat sebuah halaman Fans atau Fanpage. agar  1000 permintaan untuk menjadi teman yang belum ia setujui, bisa diarahkan untuk masuk ke Fanpage barunya itu.

"Saya mengirimkan pesan kepada mereka semua. Jadi, ya wajar saja disangka spam dan diblokir," ujar mantan dosen Institut Teknologi Bandung itu. Akibatnya, akun Kang Onno diblokir oleh pihak Facebook selama beberapa hari

Menurut dia, perlu waktu 10 hari untuk meluruskan kesalahpahaman kepada pengelola jejaring sosial itu, agar akun Facebook-nya bisa dikembalikan seperti sediakala.

Weleh-weleh, ternyata pihak pengelola Facebook memang tak mau pandang bulu. Bahkan seorang pakar Telematika Indonesia setenar Onno W Purbo pun masih disangka sebagai spammer.

/vivanews.com/