Blogger Template Design | Fitur Baru Blogger

Ada hal baru lagi yang diluncurkan oleh pihak Blogger kemarin tetapi masih dalam tahap percobaan, yaitu Blogger Template Designer atau dalam Bahasa Indonesianya Perancang Template. Blogger Template Designer berfungsi untuk memudahkan sobat-sobat semua untuk mendesain template tanpa harus melalui HTML. Pihak blogger juga menyediakan 15 template baru yang dapat diedit dengan kontrol penuh atas ukuran, warna, background dan susunan kolom sesuka Anda dengan preview langsung.

Ada 4 submenu langsung yang disediakan oleh Blogger dalam Blogger Template Designer ini, yaitu :
1. Templates

Dibagian templates ini  terdapat 15 template baru dan fresh yang telah disediakan oleh Blogger dan dapat dicustom kembali dengan kreasi Anda.

2. Background
Pada bagian Backgorund ini kita diberikan ratusan backgorund dan pattern yang dapat diaplikasikan secara langsung dengan pilihan beberapa kategori.

3. Layout
Dibagian Layout ini kita juga diberikan kemudahan dalam mengatur kolom-kolom blog Anda. Bagian layout ini terdapat 3 submenu juga, antara lain :
- Body layout :
Dibagian body layout ini kita dapat mengatur bagian siderbar dengan sekali klik tanpa repot-repot menambahkan css. Terdapat 8 pilihan yang disediakan, Anda tinggal pilih mau 3 colom, 2 colom saja ataupun hanya 1 colom saja.
- Footer layout :
Kita juga bisa menambahkan gadget dibagian footer, Anda dapat menyimpan gadget untuk menarik minat pembaca Anda setelah mereka selesai membaca postingan Anda. Terdapat 3 pilihan untuk menambahkan colom dibawah postingan ; 1 colom, 2 colom maupun 3 colom sekaligus.
- Adjust width :
Nah dibagian submenu terakhir dari Layout ini kita bisa mengatur lebar bagian entri dan sidebar hanya dengan  geser-geser sedikit untuk mendapatkan lebar yang diinginkan tanpa harus masuk ke Edit Template.

4. Advanced

Dibagian advanced ini kita bisa mengatur berbagai pengaturan standart template, seperti pengeturan font dan style warna. Bagian-bagian yang bisa diedit adalah : Page Text, Background, Link, Judul Blog, Tabs Text, Tabs Background, Post, Gadget, Footer, Footer Links, dan Add CSS. Dan dibagian Add CSS lah yang paling menarik, Mengapa?? Karena kita bisa menambahkan CSS dengan sangat mudah, kita tinggal memasukkan kode CSS tanpa harus sibuk menuju ke Editt HTML.

Untuk Mencobanya....
Login dengan akun bloggermu ke http://draft.blogger.com. Pilih Tata Letak dan akan menuju ke Elemen Halaman. Lihat sisi paling kanan pada pilihan Tab, disana akan terlihat Link Baru yang bernama Perancang Template, perhatikan gambar kotak warna merah dibawah.

Secara otomatis Anda akan dibawa kemenu fitur baru blogger walaupun agak lama proses loadingnya...
Dan berkreasilah dengan membuat template Anda sendiri melalui fitur baru Blogger tersebut. Maaf juga jika ada yang salah ketika saya menjabarkan satu persatu fungsi Blogger Template Designer ini.
Dan untuk lebih lengkapnya Anda bisa langsung datang ke http://www.blogger.com/templates

Selamat mencoba....