Cara Setting Sub Domain

 
Setelah sempat membuat blog baru lagi di blogseo.vanmovic.com dan template.vanmovic.com, ternyata ada teman darat yang juga nyambi jadi blogger (tapi malu and ga mau dikasih link keblogna,hehehe) masih dilanda kebingungan soal domain yang saya pake diblog baru saya. Tadi siang, pas lagi ngechat ama sohib darat ini dia nanyain kenapa blog baru saya ga ada www-nya. Lantas aja ane cuma ketawa (untung cuma dichat, jadi dia ga bisa denger, kalo denger bisa bonyok dah ane). Maklumlah, dia kan masih pendatang baru didunia blogging mumpung juga saya masih baek hati, ane jelasin dah panjang kali lebarnya.

Nah, daripada saya cuma ngasih penjelasannya kesatu orang doank. Lebih baik kan saya juga nge-share disini, biar sobat-sobat semua bisa tau, iya kan? Kenapa blog ane ga ada www-nya?? Karena saya pake alternatif selain www yang dinamakan subdomain ato juga Third Level Domain.

Contoh : saya punya sebuah blog bernama vanmovic.com dan itu merupakan sebuah domain induk. Sedangkan blogseo.vanmovic.com merupakan sebuah subdomain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti blogseo.vanmovic.com. blogseo merupakan subdomain vanmovic, sedangkan vanmovic itu sendiri adalah domain induk.(sorri kalo sedikit promosi,hehehe)

Daripada kepanjangan, lebih baik kita langsung mencobanya saja (saya anggap anda sudah mempunyai domain sendiri, kalo enggak anda bisa memakai cara ini dengan domain gratisan co.cc karena Co.Cc support pada CNAME records). Dan untuk percobaan saya ini, saya menggunakan DNSPark.net karena saya juga menggunakannya untuk DNS hosting. Dan berikut langkahnya :

1. Silahkan login ke DNSpark.net
2. Klik domain Anda yang ada pada bagian bawah kiri layar, berikut gambar detilnya :

3. Setelah anda klik akan muncul halaman baru, lihat paling bawah, dan isi alamat sub domain anda, kemudian pilih type CNAME dengan destination name ke ghs.google.com, perhatikan gambar berikut ini :

4. Klik Update All, setelah itu akan muncul pesan seperti gambar berikut, menandakan penambahan subdomain telah berhasil :
 

Dan langkah selanjutnya adalah mengkombinasikan ke blog Anda, berikut caranya :
1. Login ke blogger.com > Pengaturan > Publikasikan
2. Dan pilih Domain Ubahsuaian
 
3. Setelah itu klik Beralih ke Pengaturan Lanjut
 
4. Ketikkan alamat sub domain anda tadi pada kotak yang disediakan, tulis kode verifikasi kemudian klik Save Settings
 5. Setelah Anda simpan, nanti keluar perintah untuk cek kotak seperti gambar dibawah ini. Saya anjurkan tidak mencentangnya, karena jika anda simpan domain utama anda akan diredirect langsung ke sub domain anda.


Mudah kan bro, oh ya jika sobat memakai cara ini alexa-nya akan sama dengan domain utamanya. Jadi ada manfaatnya juga kan jika memakai sub domain. Oke bro, sekian dan semoga bermanfaat,hehehe