NOKIA N8 - Sebuah SmartPhone Canggih dengan Kualitas HDTV Masa Kini


Yeah, akhirnya vendor besar Nokia kembali merilis gadget terbarunya yang serba wah. Gadget itu ialah Nokia N8. Dengan balutan tampilan mewah *bukan mepet sawah loh*, Ponsel Nokia N8 sendiri mengusung tema flagship dan touchscreen. Nokia N8 juga punya loh fitur tambahan seperti multi-touch, film dan zoom in-to-zoom ditambah ponsel ini memakai OS terbarunya, yaitu Symbian^3.

Nokia N8 sendiri resolusi layarnya mencapai 16:9 nHD(640X360 pixels) AMOLED dengan kedalaman warna sampai 16,7 juta warna. Dengan memberikan user interface yang lebih responsif alias lebih cepat dari seri-seri sebelumnya. Oh iya, Nokia N8 ini mempunya ukuran 3.5 inchi, sangat pas didalam genggaman Anda. :D

Ponsel tanpa kamera itu bagaikan sayur dan garam, maka tak tanggung2 Nokia N8 ini langsung dibalut dengan Kamera dengan resolusi 12 MP.  Kameranyapun memakai lensa Carl Zeiss dan Lampu kilat Xenon dengan penghapusan red-eye otomatis. Wuiih, seperti yang diketahui bahwa sensor-sensor di kamera ponsel pintar ini diklaim gak kalah dengan kamera2 digital.

Satu lagi fitur unggulan dan yang paling penting dari Nokia N8 adalah fitur HDTV nya. Oke, mungkin bagi orang awam *seperti saya* agak kurang mengerti apa arti dari HDTV itu sendiri.  Menurut penjelasan dari om WIKI sendiri, HDTV (high-definition television) / Televisi Resolusi TInggi adalah standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV yang memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas dan dengan warna-warna matang. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan di Indonesia.


Yapp, definisi dari HDTV udah tau kan penjelasan lengkap dari om Wiki. Oke, mari kita lanjut berburu udang #eh ngublek-ngublek fitur tercanggihnya Nokia N8. Dari dalam layar kaca Nokia N8 sendiri, kita bisa menikmati dan meresapi berbagai video dengan HD (high density) yang sangat berkualitas ditambah lagi kualitas suara yang memakai Digital Plus surround sound *bisa jedug-jedug*. Apalagi kalo dihubungkan ke HDTV memakai mini HDMI (pertama kali loh didunia GSM), bisa jadi home theater pribadi dirumah Anda deh. Plus punya sensasi berbeda bila menghubungkan Nokia N8 ini ke layar HDTV, maka kita bisa menjadikannya HDTV dirumah anda menjadi bisa layar sentuh. Mengapa bisa ? Ya bisa lah, karena Nokia N8 sendiri sudah dicelupkan aplikasi Plug & Touch. Jadi bisa mencet-mencet layar HDTV dengan sepuasnya, (0).(0) :))

Hmm, mungkin agar lebih jelas untuk pencerahan anda tentang fitur HDTV yang disediakan oleh Nokia N8, Anda bisa ngintip nih dan belajar lewat video via youtube tentang HDTV yang ada di Nokia N8 dibawah ini:


Dengan fasilitas HDTV yang segitu dahsyatnya tentu harus memakai baterai yang super2 badak bin kebo juga kan.? Maka, Nokia N8 yang memakai baterai 1200mAh mengklaim ponsel pintar ini bisa tahan banting hingga 3 jam 20 menit untuk merekam video atau 7 jam terus-terusan saat menyetel rekaman video lewat saluran HDMI. Dan jika dipakai untuk bicara ditelepon, daya tahannya akan meningkat hingga 12 jam, dan akan bertahan selama 50 jam saat hanya dipakai untuk mendengar musik.Ckckc, bisa gak tidur deh ngeliat segitu badaknya ponsel ini, wkwkwk.

Wuihh, anda terpukau melihat kecanggihan smartphone Nokia N6.??? Haha, saya aja yang nulis bisa keluar ilernya kok =)).

Untuk harga dan kapan beredarnya, secara detil saya kurang mengetahuinya. Tetapi santer dikabarkan smartphone Nokia N8 bakal beredar loh pada bulan November 2010. Jadi tunggu aja ya bray2 sekalian. Kumpul2 uang dulu dan rasakan nanti kenikmatan Nokia N8 *gubrakkk* hehe
.
Terakhir, bila tulisan diatas dirasa kurang tentang spesifikasi dan kecanggihan fitur Nokia N8. Pembaca alias sahabat2 bisa ngintip lebih detail ke web resmi Nokia disini. »»»»» NOKIA N8