Korea Selatan Balas Serangan Korea Utara

Sambil nyambi maen Indonesia Siap Bersaing di SERP, saya juga sempat merenungkan nasib di timeline twitter. Tetapi di timeline twitter saya tadi malam kebanyakan membahas tentang Korea. Malah beberapa sudah menjadi Trending Topics. Yang sempat jadi TT adalah : #praforkorea, #koreapeace dan #Koreas. Dan pagi ini saya baru tau kalo ternyata ada konflik alias perang di Korea sana. Pertandingan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Seperti yang saya himpun dari id.news.yahoo.com : Setelah Korea Utara menyerang sebuah pulau di Korea Selatan, yang melukai warga sipil dan serdadu, Selasa (23/11) siang giliran Korea Selatan membalas serangan tersebut. Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Tae-young menyatakan, Korsel melesakkan sekitar 50 tembakan ke arah Korut.

Seperti dilansir Kantor Berita Korea Selatan Yonhap, serangan balasan itu dilakukan guna membela diri. Namun, Presiden Lee Myung-bak telah menginstruksikan pihak militer memastikan serangan balasan ini tidak akan meningkat menjadi konflik besar.

Insiden ini terjadi di Laut Kuning, dekat Pulau Yeonpyeong dan terletak di perbatasan maritim yang disengketakan. Serangan 200 peluru artileri ini mengakibatkan sebagian besar warga terluka, serta sekitar 70 rumah terbakar terbakar [baca: Korea Utara Serang Korea Selatan].

Untuk mencegah terjadinya keadaan yang tidak diinginkan, Korsel telah memerintahkan warga di pulau itu untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Ada sekitar seribu warga mengungsi