Honeycomb, Seri Terbaru dari Android

Honeycomb, Seri Terbaru dari Android ~ Google tampaknya memang merupakan perusahaan yang kuat dan selalu berinovasi. Terbukti dengan inovasi terbarunya yang bisa dibilang dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Sebulan setelah persemian Android seri Gingerbread akhir tahun lalu, kini giliran Honeycom, seri terbaru Android 3.0, diluncurkan. Peluncuran itu secara resmi dilakukan pada Rabu kemarin (2/2) di Mountain View, California AS.


Gadget yang pertama kali menggunakan OS terbaru itu adalah Motorola Xoom. OS baru ini diwarnai dengan optimalisasi dalam user interface hingga performa hardware yang terpasang di dalamnya. OS ini pun digadang-gadang sebagai OS yang memang diperuntukkan untuk komputer tablet.

Selain fitur user interface yang lebih lega, Honeycomb juga men-support multi-core processor yang berfungsi sebagai tampilan animasi yang lebih kompleks. Selain itu, desain widget lebih optimal, layaknya tampilan di desktop tiga dimensi. Untuk OS Android di bawah Honeycomb, notifikasi berupa teks-teks. Namun untuk OS terbaru ini, bentuknya bisa pop-art. Jadi pengguna bisa melihat preview dari notifikasi tersebut. Tak puas sampai disitu, fitur multitasking dalam OS Honeycomb juga diperbarui.

Nah ini dia berbagai seri dari Android :
TahunSeri Android/sebutanCiri Khas
30 April 20091.5/CupcakeTransisi layar animasi
15 September 20091.6/DonutAndroid Market
26 Oktober 20092.0/EclairOptimalisasi kecepatan hardware
20 Mei 20102.2/Frozen yoghurtOptimalisasi OS secara general
6 Desember 20102.3/GingerbreadPembaharuan desain user interface
25 Januari 20113.0/HoneycombOptimalisasi user interface baru
Pertengahan 2011Ice cream sandwichmasih belum diketahui
Jika browser dalam seri terdahulu masih banyak kekurangan, kini Google menutupi kekurangan tersebut dengan menambahkan halaman tab website, auto-fill form, bookmark yang disinkronkan dengan Google Chrome, serta private browsing. Suka ber-chat ria? Google juga menambahkan fitur video chat pada Gtalk yang sebelumnya tak ada.