FOOTBALL MANAGER 2010




Football Manager (FM) jadi pilihan banyak penggila sepakbola yang ingin merasakan serunya menjadi manajer tim sepakbola. Dalam versi terbarunya, FM 2010, akan ada beberapa perbaikan.


Salah satunya adalah fitur asisten dan pencari bakat. Seperti diutarakan oleh Miles Jacobson, Studio Director Sports Interactive (SI) selaku pengembang game Football Manager, asisten manajer dalam FM 2010 akan memiliki realisme yang cukup dalam.




"Buat apa kami menambahkan fitur seperti Backroom Advice jika nasehat yang diberikan akan selalu sempurna?" tanya Jacobson dalam blog resmi FM 2010, Kamis (10/9/2009).




Backroom Advice adalah kumpulan nasehat dari para Asisten Manajer dan juga pencari bakat dalam FM 2010. Nasehat yang diberikan akan berbeda tergantung dari kemampuan sang Asisten. 




Akibatnya, tutur Jacobson, ada kalanya nasihat yang diberikan seorang asisten justru tak bisa diandalkan. Misalnya, seorang dengan nilai 'Club Players Knowledge' kecil akan kesulitan saat diminta saran soal siapa pemain yang perlu direkrut, ini karena ia tak bisa membandingkan pemain di luar klub dengan pemain di dalam klub.




Stadion





Perbaikan lainnya yang sudah mulai dibicarakan adalah pada fitur tampilan pertandingan tiga dimensi. Ini termasuk perbaikan pada tampilan stadion yang digunakan.



Stadion, ujar Jacobson, akan mencerminkan kapasitas dan ciri khas dari stadion sungguhan. Meskipun, ia mengakui, stadion yang ditampilkan tidak selalu replika dari stadion sungguhan.




"Meski tak akan tampak seperti lokasi sungguhan, paling tidak stadion itu akan menampilkan jumlah penonton yang tepat, memiliki jenis bangku yang benar, apakah berteras atau berkursi, beratap atau tidak, semacam itulah," tukasnya.




Nah, hal yang menarik, adalah realisme cuaca dan pencahayaan pada stadion di FM 2010. Jika sedang hujan, misalnya, selain ditampilkan hujannya juga akan berpengaruh pada animasi guliran bola yang menjadi lebih lambat.




FM 2010 pun akan menampilkan lapangan yang bisa terdegradasi seiring pemakaian dan waktu. Degradasi ini, papar Jacobson, juga akan berpengaruh pada gerakan bola di lapangan.




Hal lain yang diungkapkan Jacobson adalah animasi penonton yang akan makin hidup. Penonton, ujarnya, akan ikut bersorak seiring kejadian di lapangan seperti bobolnya gawang lawan.




FM 2010 rencananya akan hadir pada 30 Oktober 2009. Game yang dikembangkan oleh Sports Interactive ini akan diterbitkan oleh Sega untuk komputer berbasis Windows dan Mac.








Database
 



Seri Football Manager (FM) memang terkenal dengan database klub, kompetisi dan pemain yang besar. Dalam FM 2010, ada 50 liga yang bisa dimainkan, ratusan divisi dan kurang lebih 400.000 pemain dan staff dalam database game tersebut.




Miles Jacobson, Studio Director dari Sports Interactive (SI), menyebutkan bahwa selama ini SI selaku pengembang FM tak pernah memberikan informasi yang tepat soal hubungan database yang diaktifkan dengan performa komputer pemain. Padahal, tak banyak komputer di dunia yang bisa menangani FM 2010 dengan kondisi seluruh database diaktifkan.




"Jadi kami menambahkan sistem benchmark sederhana, yang akan mengukur prosesor komputer Anda, kecepatan hardisk dan jumlah memori yang tersedia, dan juga berapa besar kemampuan prosesor dan memori yang tidak digunakan saat game sedang dimulai. Sistem ini bukan hanya memberikan rekomendasi set up untuk memaksimalkan game, tapi juga Anda bisa membuat pengaturan sendiri dan mengetahui apa dampak pengaturan itu pada kecepatan game," tukas Jacobson dari blog resmi FM 2010, Kamis (17/9/2009).




Namun, tutur Jacobson, SI bukan bermaksud membatasi pemain dalam menikmati FM 2010. Ia mengatakan, game ini akan memberikan kemudahan untuk kustomisasi database. Misalnya, mau menambahkan pemain tertentu dari sebuah negara, berdasarkan kewarganegaraan, dari klub papan atas, dari klub divisi utama, pemain dengan reputasi kontinental atau nasional dan juga pemain internasional.






Dalam fitur benchmark tersebut, lanjut Jacobson, pemain juga akan diberitahu berapa banyak jumlah atlit yang akan tersedia di dalam database seiring perubahan yang dilakukan. Pengaruh hal ini terhadap kecepatan game juga akan diinformasikan.