LEFT 4 DEAD 2



Pertanyaan yang pertama kali muncul (saat gamer sekalian sudah bisa menerima fakta bahwa Left 4 Dead 2 akan dirilis) pastilah, "apakah game tersebut berbeda dengan pendahulunya?" Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Walaupun dalam L4D2 sudah dilakukan peningkatan dan perubahan disana sini, tapi konsep dasarnya masih tetap sama. Dengan lokasi-lokasi yang mungkin akan dikenal oleh para gamers semua, kamu akan kembali berhadapan dengan serangan zombie yang brutal dan tiada habisnya serta sagat menegangkan itu. Kerja sama merupakan salah satu kunci untuk bisa selamat dari serangan para zombie dan monster-monster tersebut.











Telah diketahui ada beberapa makhluk baru disini yang akan kamu temui. Sementara ini, nama yang diberikan adalah Wandering Witch dan Charger Zombie. Selain itu, masih belum ada lagi perkembangan lain yang bisa diketahui. Tapi secara keseluruhan, dikatakan bahwa tidak ada perubahan apapun yang cukup revolusioner terutama dalam hal AI yang disajikan. Charger Zombie sendiri sebenarnya bukanlah musuh yang sangat sulit untuk dihadapi. Seperti halnya musuh lain, ia juga akan melemah dan akhirnya mati apabila terus menerus diberondong peluru. Tentu saja akan beda ceritanya apabila kamu dan rekan-rekan kamu sedang terpojok di sebuah lorong kecil. Dalam keadaan seperti ini, Charger Zombie akan bisa dengan bebas menghajar dan membinasakan kamu dengan tangan kanannya yang terlampau besar itu.








Mungkin perubahan yang paling kentara disini adalah perubahan desain pada setiap level permainan yang kamu jumpai. Kamu akan mendapatkan serangan penuh kejutan dari para zombie dan bahkan naskah yang disajikan lebih terasa menegangkan bila dibandingkan dengan versi orisinilnya.

















 Seperti yang sudah diungkapkan di atas, kerja sama akan kembali menjadi kunci utama untuk bisa selamat dari serangan musuh yang tidak terduga. Kamu akan bertarung di banyak lokasi-lokasi yang dulunya bagus dan menarik, tapi sekarang telah berubah hancur karena serangan-serangan monster. Permainan masih tetap seperti biasa dimana kamu harus mencari jalan keluar melalui gang-gang kecil, bertempur melawan zombie yang datang dan terus maju. Satu hal yang pasti, map yang diberikan disini jauh lebih besar dan kadang terlihat seperti labirin, walau kenyataannya, jalan yang diberikan disini cukup linear.








Apabila kamu lebih suka untuk tidak langsung berhadapan dengan musuh, kamu juga bisa mencoba peruntungan kamu dengan menggunakan bangunan-bangunan yang ada di sekitar kamu. Ada beberapa bangunan yang bisa memberikan keuntungan tertentu (kamu bisa melewati kerumunan zombie tersebut tanpa harus bertarung dengan mereka). Senjata melee yang baru disertakan disini cukup unik. Bayangkan, kamu bisa menggunakan panci penggorengan untuk mengemplang musuh dengan bunyi kemplangan yang akan terasa cukup memuaskan itu (tidak bisa dipraktekkan ke orang juga, jadi kalo ada kesempatan di sini, kenapa tidak?)








Seiring perjalanan, kamu akan bertemu dengan blokade yang dibangun oleh polisi dan kamu juga akan menemukan beberapa petunjuk untuk evakuasi yang dipasang oleh para polisi itu. Tapi tampaknya, Valve sudah memutuskan untuk mempersulit permainan ini. Sering sekali serangan musuh secara serentak langsung itu datang pada saat yang tidak tepat dan tidak menguntungkan bagi kita.

























Pada satu titik, ada adegan dimana saat kamu keluar dari sebuah kendaraan, alarm mobil tersebut langsung berbunyi dengan kencang. Beda halnya dengan L4D pertama dimana musuh yang datang tersebut pelan-pelan akan habis, disini kamu akan terus menerus dihujani dengan zombie yang berdatangan tiada henti. Satu-satunya cara untuk menghentikan mereka adalah dengan mencoba menekan balik mereka dan berusaha untuk mematikan alarm mobil tersebut agar zombienya tidak datang lagi.

Secara keseluruhan, dapat kami simpulkan bahwa sekuel L4D ini cukup menjanjikan. Walau memang konsep permainan masih tetap sama, tapi paling tidak, ketegangan yang diberikan masih belum berkurang dan bahkan malah bertambah. Untuk kualitas gambar, gambar yang disajikan disini tampaknya mengalami peningkatan. Mulai dari model karakter kamu hingga gambar dari zombie-zombie yang datang juga terlihat lebih realistis dibandingkan dengan pendahulunya yang lebih terkesan tidak terlalu bagus (gumpalan abu-abu yang menggunakan baju compang camping). Jadi semakin tidak sabar nih menunggu gamenya keluar, yang akan dirilis 17 November 2009