WWW RAW



Sangat jarang ada game WWF yg khusus dibuat untuk PC. Selama ini game-game semacam itu hanya dibuat untuk game console Playstation & Nintendo, sehingga untuk memainkannya di PC kita terpaksa menggunakan emulator.

 
Namun kehadiran WWF RAW membuat pengguna PC tak perlu lagi merasa di-anaktirikan, karena game ini selain dibuat untuk game console XBOX juga dibuat versi PC-nya. 
Meskipun WWF RAW bukanlah merupakan game yg datanya sekompleks game adventure, namun game ini dikemas dalam 2 keping CD. Full installation bakal menelan ruang hardisk sebanyak 1GB. Minimum installation meski hanya akan menyita ruang sebesar 400MB, namun tidak saya anjurkan karena hanya akan membuat game berjalan lambat.




redball.gif (916 bytes)INTERFACE MENU :
Bagi yg pernah memainkan game WWF Smackdown2 *, interface menu WWF RAW tidak terlalu jauh berbeda.
Hanya saja pada WWF RAW, interface menu menggunakan unsur 3D yg digabung dengan background berupa tayangan video klip. Meskipun penggabungan kedua elemen grafis ini terkesan indah, namun mengakibatkan animasi & interaksi menu terkesan agak lambat betapapun cepatnya prosesor & VGA anda. Tampaknya ini merupakan problem dari game ini sendiri.



redball.gif (916 bytes)MODE PERMAINAN :
Sungguh sayang, mode permainan yg ada pada WWF RAW tidak sebanyak pada WWF Smackdown2.

Pada dasarnya mode permainan WWF RAW hanya dari 3 jenis saja:
1. Exhibition
2. Title Match
3. King of The Ring


Pada mode Exhibition anda dapat bermain 1 lawan 1, tag team, handicapped match, battle royal, atau keroyokan.
Tidak seperti WWF Smackdown2, pada WWF RAW tidak ada mode Cage Match dan Ladder Match.


Sama halnya seperti WWF Smackdown2, anda juga dapat membuat karakter sendiri pada WWF RAW.

Anda dapat menentukan sendiri bentuk tubuh, pakaian, topi, asesoris, musik intro, dan bahkan efek pyro dan stage light juga bisa diatur.


Pada menu Museum anda bisa melihat bigorafi dari seluruh pemain WWF, termasuk video klip & lagu intro. Karena video klipnya berupa full duration, maka  para fans WWF tak perlu lagi membeli CD lagu WWF, karena game ini sudah mengemas semuanya.

Selain itu pada menu Muesemum, anda juga bisa melihat benda-benda yg telah anda kumpulkan selama pertandingan.


redball.gif (916 bytes)PILIHAN ARENA :
Jangan terlalu berharap mengenai pilihan arena pertandingan pada WWF RAW, karena anda memang sama sekali tidak bisa memilih lokasi pertandingan.
Jadi arena pertandingan hanya diadakan di seputar ring saja.
Ini tentunya jauh berbeda dgn WWF Smackdown2 yg arena pertarungannya lebih bervariasi seperti di garasi, taman, ruang hotel, dll.


redball.gif (916 bytes)PILIHAN PEMAIN :
Ada 47 pemain yg dapat dipilih, 4 diantaranya baru bisa dipilih setelah menyelesaikan pertandingan tertentu.
Pemain-pemain kakap seperti The Rock, StoneCold, Undertaker, Kane, TripleX, Kurt Angle, Chris Jericho jelas langsung bisa dipakai.

Banyak juga pemain-pemain baru WWF yg bisa anda pilih.
Setiap pemain tsb tentunya dibekali jurus & gaya sendiri-sendiri.


Namun sayangnya veteran-veteran WWF seperti Ken Shamrock dan Cactus Jack tidak disertakan.

Selain itu yg patut disesalkan adalah pemain wanita yg penampilannya kurang sexy bila dibandingkan dengan pemain wanita pada WWF Smackdown2.
Pada WWF RAW, selain jumlah pemain wanitanya kurang banyak, hanya Trish Stratus saja yg berpakaian sexy.


Ini sungguh sayang, sebab tampilan grafis WWF RAW sebenarnya sangat menunjang utk mengumbar & meng-expose keseksian wanita.


redball.gif (916 bytes)SOUND :
Menu sound pada game ini sangat sederhana. WWF RAW tidak mensupport EAX ataupun 3D Sound.
Meskipun tidak ada yg terlalu istimewa dari unsur sound pada game ini, namun background song yg ada diramu cukup bagus dan menyatu dgn game ini.


redball.gif (916 bytes)TAMPILAN GRAFIS :
Tampilan karakter pemain pada WWF RAW2 benar-benar sangat menyerupai aslinya. Ini karena banyaknya jumlah poligon yg dipergunakan.
Selain itu penggunaan texture yg cukup detail membuat wajah dan raut muka kakrakter terkesan hidup. 


Dalam hal kualitas gambar WWF RAW memang jauh diatas WWF Smackdown2.
Namun sayangnya resolusi yg ditawarkan oleh WWF RAW hanya 640x480 saja. Ini cukup konyol mengingat 640x480 adalah resolusi yg hanya pantas utk game era 90-an.


Untunglah jumlah polygon yg banyak dan texture yg detail masih menolong game ini sehingga tidak terkesan buram di resolusi 640x480.
Bila anda menggunakan monitor 17", maka penggunaan resolusi 640x480 akan menyebabkan efek gerigi (jaggies) lebih terlihat.


Oleh karena itu saya sangat mewajibkan penggunaan FSAA 4x agar efek jaggies pada garis-garis diagonal dapat dihilangkan.
Untunglah penggunaan FSAA 4X tidak terlalu menurunkan framerate game ini. (game ditest menggunakan Geforce 4 Ti).


Dengan FSAA 4X, framerate game ini masih cukup tinggi, sekalipun pada menu graphic semua setting detail dimaximalkan. 

Resolusi yg terbatas di 640x480 kemungkinan besar disebabkan karena game ini pada awalnya ditujukan utk pasar game console. 

Terlepas resolusi yg terpatok di 640x480 saja. Namun tampilan & kualitas grafis game ini cukup baik, sehingga dapat membuat anda tidak sadar bahwa anda bermain di resolusi 640x480.

Apalagi adanya efek Motion blur membuat tampilan gerakan terasa lebih hidup.

Selain itu, yg membuat game ini cukup unik adalah karena keberhasilannya memadukan unsur 3D dan klip video dgn baik.

Pada waktu karakter masuk ke arena pertandingan, pada layar di panggung ditayangkan klip video karakter tsb. Selain itu sewaktu anda bertanding gerakan-gerakan anda juga ditayangkan di layar panggung.


Juga terdapat fasilitas Double Feature yg akan menampilkan rekaman instant replay bila karakter melakukan gerakan special.

Berbeda dgn karakter pemain yg dibuat menggunakan polygon secara detail. Para penontonnya dibuat menggunakan sprite.

Tapi saat ini memang belum ada satupun game yg deretan penontonnya dibuat menggunakan polygon. Sebab dampaknya tentu akan sangat menurunkan framerate game yg bersangkutan.


redball.gif (916 bytes)GAMEPLAY :
Seperti kebanyakan game WWF yg lain, game ini juga memiliki unsur replayability yg bagus. Walaupun harus diakui, arena permainan yg hanya satu saja lama-lama pasti akan membuat anda mati kebosanan.
Setiap karakter dibekali jurus-jurus andalannya. Penggunaannya tidak memerlukan kombinasi tombol yg rumit seperti pada game Street Fighter.
Untuk mengeluarkan jurus pada WWF RAW hanya diperlukan menekan 1 tombol aksi & 1 tombol arah saja.
Jurus pamungkas (Finishing move) dapat dikeluarkan bila musuh sudah sempoyongan dan stamina meter menunjukkan musuh dalam keadaan kritis (indikator berkedip-kedip).

Selain mengandalkan jurus yg dimiliki masing-masing karakter, juga terdapat banyak objek-objek di sekitar ring yg dapat dipakai untuk menghajar lawan. Kursi dan meja adalah barang-barang "klasik" yg dapat dipergunakan dalam pertandingan WWF.

Di sekitar ring juga dapat ditemukan peti yg berisi berbagai macam benda seperti stick baseball, payung, tongkat, velg sepeda motor, dan benda-benda lain yg dapat digunakan utk menghabisi lawan.


redball.gif (916 bytes)KESIMPULAN :
WWF RAW boleh dibilang sebagai satu-satunya game WWF versi PC yg memiliki tampilan 3D yg bagus. Selama ini penggemar game WWF hanya terpuaskan dgn kualitas graphic ala Playstation yg jelas jauh dibawah standar grafik PC.

Kehadiran WWF RAW telah membuka cakrawala baru dalam genre game PC. Meskipun masih memiliki ketidak sempurnaan disana-sini, tapi polygon count yg banyak dan texture yg detail mampu membuat kualitas grafis game ini masih cukup memuaskan sekalipun hanya berbekal resolusi 640x480.